Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 24 Februari 2013

8 Fungsi Keluarga

"pertama fungsi agama. “Ini merupakan fungsi yang mendorong keluarga agar dapat menjadi wahana pembinaan kehidupan beragama yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa," jelasnya.
Kemudian fungsi sosial budaya dimana diharapkan para keluarga dapat menjadi wahana pembinaan dan persemaian nilai-nilai yang luhur dari budaya tersebut, sehingga nilai luhur yang selama ini sudah menjadi panutan dalam kehidupan berbangsa tetap dapat dipertahankan dan dipelihara.
"Ketiga adalah fungsi cinta kasih. Mengapa cinta kasih? Tentu karena cinta kasih memiliki makna untuk mendorong keluarga agar dapat menciptakan suasana cinta dan kasih sayang dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," jelasnya.
Sedangkan, fungsi keempat, ujar Sugiri adalah perlindungan yang diartikan untuk mendorong keluarga agar dapat menciptakan suasana aman, nyaman, damai, dan adil bagi seluruh anggota keluarganya.
Tidak hanya itu, Sugiri juga mengingatkan fungsi reproduksi berintikan, yakni setiap keluarga dapat menerapkan cara hidup sehat, mengerti tentang kesehatan reproduksinya.
"Termasuk pemahaman tentang alat kontrasepsi, alat kontrasepsi rasional, maupun pengetahuan penyiapan kehidupan berkeluarga bagi para remaja," sambung Sugiri.
Untuk yang keenam adalah fungsi pendidikan, yang bukan hanya berhubungan dengan kecerdasan, melainkan juga termasuk pendidikan emosional dan juga pendidikan spiritualnya.
"Adapun fungsi ekonomi yang diharapkan juga dapat mendorong keluarga agar dapat membina kualitas kehidupan ekonomi keluarga, sekaligus dapat bersikap realistis serta bertanggung jawab terhadap kesejahteraan keluarga.
Dan yang terakhir adalah fungsi lingkungan, di mana diharapkan keluarga dapat menciptakan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan masyarakat sekitar dan alam.
"Delapan fungsi keluarga ini diharapkan bukan hanya sebagai simbol belaka saja, tetapi hendaknya dapat menjadikan pijakan dan tuntutan keluarga dalam menjalani roda-roda kehidupannya,"

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger templates

Blogroll

Blogger news